Pilek Karena Alergi

Pilek memiliki macam yang berbeda pilek karena alergi dan pilek karena flu. Pilek yang disebut juga dengan influenza atau salesma. Ia disebut salesma karena setiap penderita penyakit ini pasti dibarengi oleh keluarnya salesma dari hidung. Kadang-kadang salesma ini tidak dapat di tahan-tahan. Memang sepanjang pengalaman dan pengetahuan kita, pilek berawal dari bersin-bersin yang sukar dikendalikan. Oleh sebab itu bila seseorang mulai bersin, pertanda yang bersnagkutan akan diserang oleh penyakit pernapasan. Bila seseorang sudah terkena penyakit pilek ini, biasanya yang bersangkutan mulai mendapat gangguan, termasuk pengaliran yang sukar diperkirakan.

Sebagai penyakit pilek atau salesma ini diketahui ada beberapa bahan atau jenis penyebab yang dapat memicu reaksi alergi pada seseorang.
Secara umum ada orang yang misalnya tidak tahan terhadap makanan tertentu atau bahan minuman tertentu. Akibatnya bila mengkonsumsi makanan itu mulai timbul rasa gatal-gatal, tonjolan-tonjolan yang tdak jarng orang menjadi tidak sadar. Alergi terjadi karena adanya mediator tertentu seperti rasa gatal dan sebagainya. Salesma itu, sebagai akibat dari serangkaian proses yang dimulai dengan masuknya penyebab alergi kedalam tubuh. Mediator itulah yang menyebabkan terjadinya alergi seperti sesak napas (misalnya pada penyakit bronchitis), atau radang kulit seperti eksim, timbulnya bintk-bintik merah di kulit, yang gatal-gatal kemudian timbulnya gelembung-gelembung yang berisi cairan. Bahkan akibat alergi ini pula terjadi shock pada nafas dan keletihan.

Sebagai alergen dapat berupa debu, makanan, bulu, binatang, tumbuhan, pakaian, obat, selimut, kosmetika, aksesoris dan lain sebagainya. Tidak jarang pula reaksi yang cepat terjadi, di lain pihak diketahui ada bahan-bahan yang dapat merangsang bagian tertentu saja seperti burung.
Pilek karena alergi ini, bisanya menyerang hidung penderita akhirnya menderita penyakit pilek. Dengan proses yang sulit bahkan penyebab alergi dapat menimbulkan rangsangan pilek dihidung. Bahan-bahan yang sering menimbulkan reaksi tersebut adalah renik kecil di dalam rumah seperti yang terdapat pada karpet. Bahkan kecoa atau bulu binatang peliharaan seperti kucing dan anjing dapat pula menyebabkan alergi dan salesma tadi. Pada musim panas yang bunga-bungaan berkembang dengan subur, serbuk bunga dapat pula menjadi penyebab. Yang kurang diperhatikan orang adalah jamur yang tumbuh didalam rumah karena kamar yang kurang mendapat udara segar serta lembab.

Gejala yang ditimbulkan akibat dari pilek karena alergi ini adalah:

  • batuk,
  • bersin-bersin,
  • hidung tersumbat,
  • sesak nafas,
  • hidung mimisan,
  • mengi suara,
  • sakit pada telinga,
  • kemerahan pada telinga,
  • tenggorokan yang gatal,
  • suara menjadi serak.

Penderita pilek karena alergi juga dikenal dengan rinitis atau demam musiman yang disebabkan karena rumput kering.Gejala pilek ini biasanya terdiri dari kombinasi bersin-bersin, hidung yang gatal, hidung berair, dan hidung tersumbat. Bersin yang dialami oleh penderita pilek ini biasanya terjadi 5 hingga 10 kali atau lebih yang timbul sepanjang hari. Gatal yang dirasakan pada penderita pilek karena alergi ini akan membuat penderita alergi terutama pada anak-anak untuk mendorong hiding keatas dengan pola yang berulang kali.

karena gerakan tersebut maka cairan yang ada di dalam hidung akan menetes ke bawah memasuki tenggorokan. Untuk itu sering kali cairan yang keluar dari hidung anda akan berwarna bening, encer, dan berair secara tetap. Jika pilek karena alergi yang anda serita sudah menimbulkan gejala yang berbeda dengan cairan yang keluar dari hidung menjadi sangat kentar dan berwarna kekuningan maka harus dicurigai kalau saja anda terserang infeksi.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya alergi lainnya seperti minuman, obat, asap kendaraan, asap rokok, udara lembab, udara panas, bau cat, dll.

Hidung anda yang tersumbat adalah salah satu gejala yang paling menonjol pada separuh dan semua pasien dengan pilek karena alergi pada hidung dan disebabkan karena kombinasi pembengkakan membran dan cairan yang terperangkap di dalam hidung. Bersama dengan menetapnya gejala pilek karena alergi selama berminggu-minggu pada musim alergi, usapan terus menerus yang anda lakukan disekitar mata akan dapat menimbulkan kemerahan pada mata anda dan menampakkan penebalan yang terjadi pada kulit. Dan akan mulai muncul keluhan pilek karena alergi lainnya seperti sakit kepala, nyeri pada wajah, telinga yang tersumbat yang suga sangat mengganggu anda.

Banyak pasien yang mencatat kumpulan gejala-gejala utama yang timbil atau memburuk saat mereka bekerja. Kondisi yang berkenaan dengan rinitis okupaso. Penyebab dari gejala pilek karena alrgi yang paling sering terjadi yang berhubungan dengan pekerjaan adalah bahan iritan di udara. Contoh yang meliputi dari bahan iritan tersebut adalah kedu kayu, kebu kertas, debu tekstil, asap, cairan pembersih, lem cepat kering, cat, dll.

Hal sepeti diatas sangat penting untuk anda ketahui bahwa bahan-bahan tersebut tidak menyebabkan reaksi alergi sebenarnya, oleh karena itu tes alergi lewat darah dan kulit dapat anda lakukan.

contoh umumnya seperti alergen yang sebenanya menyebabkan rinitis di tempat kerja anda keliputi bulu binatang (jika anda bekerja di laboratorium dan di dokter hewan) , tepung terigu (jika pekerjaan anda adalah pembuat kue), dan tepung sari tanaman (jika pekerjaan anda adalah tukang kebun).


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Alergi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>