Perawatan Alergi Kulit

Perawatan alergi kulit dapat dilakukan baik dengan medis maupun dengan cara yang tradisional. Dalam dunia medispun, berbagai pengobatan dan perawatan alergi yang dialami baik alergi pada kulit maupun pada bagian lain utamanya fokus pada fatalnya alergi dalam reaksi anaphylaxis dan hipersensitifitas terhadap makanan, obat-obatan, gigitan serangga dan alergi pada kulit. Alergi memiliki reaksi yang manifestasi umum untuk diri mereka sendiri sebagai gejala didalam mata, hidung, kulit, atau paru-paru. Mata yang merah rginitis, asma, penyakit kulit dan banyak lagi reaksi anpilaktis yang cukup serius dan mereka semua sangat berhubungan antara satu sama lainnya.

Perawatan Alergi Kulit.

1. Pharmacotherapy

Phermacotherapy yaitu penggunaan obat-obatan untuk menangkal aksi mediator alergi atau mencegah proses degranulasi dan aktivasi sel. Pengobatan ini dapat digunakan untuk perawatan alergi kulit yang anda alami. Termasuk diantaranya jenis antihistamines, cortisone, dexamethasone, hydrocortisone, epinephrine (adrenaline), thephylline, dan cromolyn sodium. Obat-obatan ini membantu meringankan gejala-gejala alergi dan sangat penting dalam penyembuhan anaphylaxis akut, namun kurang manjur sebagai perawatan.

2. Immunitherapy

Immunitherapy adalah sejenis perawatan yang dilakukan untuk penderita alergi dimana pasien tersebut akan diberikan vaksinasi zat-zat alergen secara bertahap semakin besar komposisi vaksin yang diberikan. Terapi perawatan alergi kulit ini mampu untuk mengurangi tingkat keparahan alergi dan mengobati kondisi hipersensitifitas. Terapi ini bertujuan untuk membangun imunitas atas alergi yang divaksinasikan. Beberapa penelitian menunjukan bahwa pengobatan alergi dengan cara imunotherapy berhasil baik untuk pengobatan berbagai jenis alergi (rhinitis, konjungtivis, alergi asma, alergi gigitan serangga) dan mencegah jenis alergi baru. Immunotherapy jenis kedua melalui injeksi (suntikan) antibodi ke dalam pembuluh darah untuk mencegah immunoglobin E (pencetus hipersensitif). Sangat efektif untuk alergi jenis atopy tetapi tidak boleh digunakan pada kondisi alergi makanan.

3. Sublingual immunotherapy

Sublingual immunotherapy yaitu terapi perawatan alergi kulit yang dilakukan dengan pengobatan oral. Obat yang digunakan di rancang mirip antgen non pathogenis (seperti makanan atau bakteri yang hidup dalam tubuh) sehingga tubuh tidak akan menyerangnya. Namun ada baiknya jika tetap berkonsultasi dahulu dengan dokter ahli sebelum menjalani pengobatan alergi apapun.

Pencegahan alergi lebih baik dibandingkan dengan perawatan alergi kulit yang dapat juga dilakukan secara tradisional yaitu dengan menghindar terpapar zat-zat alergen. Misalnya orang yang alergi terhadap bulu kucing dapat menghindari kontak dengan kucing. Meski pencegahan ini mampu mengurangi gejala-gejala dan anaphylaxis yang berbahaya, namun sangat sulit diterapkan pada alergi serbuk sari atau alergi bermedia udara lainnya. Namun cara ini masih dianggap efektif dalam menangani alergen.

Perawatan alergi kulit lainnya dapat dilakukan dengan perawatan akupuntur. Salah satu alergi kulit yang dikenal adalah dengan sebutan eksim. Eksim adalah salah satu penyakit dimana kebanyakan penderita akan mengalami kulit yang meradang, berwarna merah, kering, dan juga terasa sangat gatal. Beberapa ahli akupuntur dari jepang telah membuktikan bahwa dengan terapi akupuntur ini dapat menjadi pengobatan alergi kulit. bahkan pada penderita alergi yang sudah kronis pun dan kemudian dilakukan pengobatan dengan akupuntur ini ternyata menghasilkan dampak yang positif dan berhasil menyembuhkan pada penderita alergi tersebut. Terapi akupuntur yang dilakukan berfungsi untuk mengurangi rasa gatal pada pasien yang terkena alergi kulit.

Gejala Alergi Kulit

Orang yang terkena alergi kulit akan terdorong untuk menggaruk bagian kulit yang gatal, yabg justru akan dapat menambah komplikasi yang terjadi. Dalam beberapa kejadian, bagian kulit yang tergores terdapat luka dalam dan pendarahan yang juga dapat terjadi. Kulit tubuh anda sangat sensitif terhadap perubahan yang terjadi pada lingkungan sekitar anda dan menjadi kering serta keras dalam beberapa waktu.

Cara Pengobatan Alergi Kulit dengan Bahan Tradisional

Di indonesia banyak bahan-bahan alami yang cocok digunakan untuk menyembuhkan dan mengatasi alergi yang terjadi pada diri anda. Salah satunya adalah daun sambiloto yang mampu untuk mengurangi rasa gatal yang anda rasakan ketika alergi muncul dan juga untuk perawatan alergi kulit. Daun sambiloto yang dicampurkan dengan kunyit dan belerang yang dihaluskan dan dioleskan pada bagian tubuh yang gatal. Bahan yang digunakan tidak harus banyak tergantung pada bagian tubuh anda yang akan diolesi dengan ramuan daun sambiloto ini. Selain dengan daun sambiloto, pengobatan alergi kulit dapat juga dengan menggunakan daun ketepeng china segar yang dihaluskan dan dioleskan pada bagian kulit anda.

Pencegahan Alergi

Yang perlu anda perhatikan adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah dan mengurangi resiko terjadinya alergi pada kulit anda antara lain:

  • Selalu menjaga kebersihan kulit anda dengan cara mendi dan membersihkan badan minimal 2x sehari yang tetap harus anda lakukan ketika menjalani perawatan alergi kulit.
  • Hindari untuk sementara tidak menggunakan pakaian yang berbahan nylon/
  • Selalu menjaga kulit agar kering dan tidak lembab.
  • Jika alergi yang anda derita termasuk jenis alergi yang menular ada baiknya anda menghindari melakukaan kontak langsung dengan penderita penyakit gatal-gatal atau alergi kulit.
  • Tidak mengkonsumsi yang sembarangan baik makanan atau obat-obatan yang mampu untuk menjadi pemicu terjadinya alergi pada diri anda.
  • Hindari menggunakan pakaian yang bekas dipakai oleh penderita alergi gatal-gatal.
  • Menjaga kebersihan lingkungan baik dirumah maupun dikantor dari debu yang menempel pada peralatan yang ada di sekitar.

=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Alergi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Perawatan Alergi Kulit

  1. Sugihardjo says:

    Apakah obat ini bisa menyembuhkan. Aapakh ada testimoni

    Salam
    Sugih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>