Perawatan Alergi Kulit

Dalam dunia medis, berbagai pengobatan dan perawatan alergi utamanya fokus pada fatalnya alergi dalam reaksi anaphylaxis dan hipersensitifitas terhadap makanan, obat-obatan, gigitan serangga dan alergi pada kulit.

1. Pharmacotherapy
Yaitu penggunaan obat-obatan untuk menangkal aksi mediator alergi atau mencegah proses degranulasi dan aktivasi sel. Termasuk diantaranya jenis antihistamines, cortisone, dexamethasone, hydrocortisone, epinephrine (adrenaline), thephylline, dan cromolyn sodium. Obat-obatan ini membantu meringankan gejala-gejala alergi dan sangat penting dalam penyembuhan anaphylaxis akut, namun kurang manjur sebagai perawatan.

2. Immunitherapy
Adalah perawatan alergi dimana pasien divaksinasi zat-zat alergen secara bertahap semakin besar komposisinya. Terapi ini mampu mengurangi tingkat keparahan alergi dan mengobati kondisi hipersensitifitas. Tujuannya untuk membangun imunitas  atas alergi yang divaksinasikan. Beberapa penelitian menunjukan imunotherapy berhasil baik untuk pengobatan berbagai jenis alergi (rhinitis, konjungtivis, alergi asma, alergi gigitan serangga) dan mencegah jenis alergi baru. Immunotherapy jenis kedua melalui injeksi (suntikan) antibodi ke dalam pembuluh darah untuk mencegah immunoglobin E (pencetus hipersensitif). Sangat efektif untuk alergi jenis atopy tetapi tidak boleh digunakan pada kondisi alergi makanan.

Jenis ketiga adalah Sublingual immunotherapy yaitu terapi dengan pengobatan oral. Obatnya di rancang mirip antgen non pathogenis (seperti makanan atau bakteri yang hidup dalam tubuh) sehingga tubuh tidak akan menyerangnya. Namun ada baiknya jika tetap berkonsultasi dahulu dengan dokter ahli sebelum menjalani pengobatan alergi apapun.

Pencegahan alergi dapat juga dilakukan secara tradisional yaitu dengan menghindar terpapar zat-zat alergen. Misalnya orang yang alergi terhadap bulu kucing dapat menghindari kontak dengan kucing. Meski pencegahan ini mampu mengurangi gejala-gejala dan anaphylaxis yang berbahaya, namun sangat sulit diterapkan pada alergi serbuk sari atau alergi bermedia udara lainnya. Namun cara ini masih dianggap efektif dalam menangani alergen.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Alergi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Perawatan Alergi Kulit

  1. Sugihardjo says:

    Apakah obat ini bisa menyembuhkan. Aapakh ada testimoni

    Salam
    Sugih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>