Penyebab Penyakit Alergi

Penyebab penyakit alergi yang biasanya terjadi pada anak-anak seperti alergi makanan, udara, dan debu. Alergi adalah respons imun yang kuat terhadap alergen (suatu alergen yang menghasilkan alergi). Alergen biasanya tidak berbahaya (misalnya debu rumah, makanan, kulit dan bulu binatang). Saat pajanan awal ke alergen, individu menjadi peka terhadapnya dan pada pajanan kedua serta pajanan selanjutnya jumlah sistem imun memberikan respons yang proporsinya berlebihan terhadap ancaman yang diterima. Kadangkala efeknya ringan, namun mengganggu, seperti pilek dan mata berair akibat hay fever (rinitis alergi). Kadang reaksi dapat begitu ekstrem seperti emngganggu sistem tubuh secara berlebihan dan menyebabkan kematian. Mekanisme pertahanan tubuh, Sinus (rinitis) nasal dan pranasal, sistem pernapasan (asma).

Alergi bukan penyakit berat, yang dapat membuat penderita harus seharian berbaring ditempat tidur, akan tetapi, penyakit ini cukup menjengkelkan karena mengganggu aktivitas sehari-hari. Betapa kesalnya, misalnya ketika hendak tampil di depan umum tiba-tiba salah sati mata bengkaka karena serangan alergi, atau tiba-tiba sekujur badan gatal dan panas sewaktu menghadiri acara ramah tamah.

Disamping itu, ada juga alergi yang tergolong cukup berat misalnya alergi terhadap lebah dan alergi terhadap obat tertentu, yang mengharuskan penderitanya berbaring di tempat tidur karena tubuh bengkak, terasa gatal, panas dan teriritasu serta kondisi badan yang lemah. Kepada mereka yang terserang alergi biasanya orang akan memberi nasihat supaya menjauhi sumber alergi mereka.

Namun, bagaimana halnya dengan alergi terhadap udara dingin, sementara musim hujan tidak dapat dielakkan. Selain itu, bagaimana mungkin menghilangkan alergi jika faktor alergennya adalah air yang digunakan penderita untuk mandi sehari-hari.  Penderita bisa saja pindah rumah untuk menjauhi alergennya. Akan tetapi tidak setiap orang sanggup melakukan hal tersebut.

Penyebab penyakit alergi tersebut adalah:

  • Makanan yang biasanya menyebabkan alergi adalah makanan yang mengandung protein yang tinggi seperti, susu sapi, putih telur, kacang tanah, dll.
  • Formalin.
  • Serbuk bunga.
  • Obat-obatan tertentu.
  • Debu dan bulu binatang.

Setiap penyakit yang kita derita pasti memiliki gejala yang ditimbulkan akibat dari penyebab penyakit tersebut, seperti:

  • Ketika penyebab penyakit alergi adalah debu, bulu binatang, ataupun serbuk bunga pasti kita akan menimbulkan gejala seperti bersin-bersin, sulit untuk bernafas, dan hidung yang terus berair.
  • Ketika penyebab dari timbulnya penyakit alergi adalah makanan, kita akan menimbulkan gejala seperti sakit perut, diare, mual, atau bahkan muntah.
  • Ketika penyebab penyakit alergi adalah obat-obatan tertentu sering kali kita akan menimbulkan gejala seperti sakit kepala dan mata berkunang-kunang.
  • Kulit yang terasa gatal
  • Bibir yang menebal, muka dan bagian tubuh lainnya tampak membengkak.
  • Detak jantung yang kencang atau penurunan kadar darah yang parah.

Cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi penyebab penyakit alerti adalah:

1. Anda gapat menggunakan masker untuk mencegah alergen masuk ke dalam saluran pernafasan anda ketika anda tidak bisa menghindari pemicu alergi tertentu misalnya ketika anda sedang menyapu atau membersihkan sesuatu dari debu.

2. Minum banyak air, jus, atau cairan lain. Minum cairan yang lebih banyak dapat membantu kita untuk mengencerkan lendir yang ada di dalam hidung anda dan mungkin juga dapat meredakan sesak nafas yang anda derita akibat penyebab penyakit alergi. Cairan yang panas seperti teh, kaldu atau sup dapat menenangkan anda karena di dalam cairan panas itu memiliki tambahan uap.

3. Mencari tahu pemicu atau penyebab penyakit alergi pada diri anda dengan demikian anda dapat menjauhi pemicu tersebut. Anda juga dapat membuat janji dengan ahli alergi untuk melakuak tes kulit yang dapat membantu anda untuk menemukan apa yang menjadi pemicu alergi pada diri anda.

4. Menjauhkan diri dari asap rokok yang dapat memperburuk gejala penyebab alergi yang sedang anda alami. Jika anda termasuk seorang perokok aktif maka ada baiknya anda mulai belajar berhenti merokok dan miminta orang di dalam rumah anda untuk berhenti merokok.

Cara membedakan antara penyebab penyakit alergi dan penyakit flu.

Gejala alergi yang kita alami mungkin hampir mirip dengan gejala penyakit dan flu, tetapi ada pula beberapa perbedaan yang mungkin dapat membantu anda untuk membedakan gejala tersebut seperti pada penyakit flu yang sering menimbulkan gejala seperti demam, gatal, hidung berair, dan nyeri tenggorokan. Gejala tersebut sama dengan gejala yang dialami oleh penderita penyebab penyakit alergi.

Hanya saja pada penderita alergi tidak menimbulkan gejala nyeri pada tenggorokan. Berbedaan lainnya untuk penyakit penyebab alergi dan flu adalah warna cairan yang keluar dari hidung, Gatal pada hidung, Gatal pada mata dan yang paling mudah untuk membedakannya adalah durasi dari kedua penyakit ini. Jika anda mengalami penyakit alergi durasi waktunya selalu menetap namun jika anda mengalami penyakit flu hanya berlangsung selama 7 hingga 10 hari.

Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah adanya penyebab yang dapat menimbulkan penyakit alergi di tengah-tengah keluarga anda seperti:

  • Awasi setiap makanan, minuman atau obat yang menjadi penyebab penyakit alergi.
  • Jaga kebersihan lingkungan baik di dalam rumah maupun di luar rumah.
  • Gunakan kasur dan bantal dari bahan busa bukan dari bahan kapuk.
  • Gunakan sprei dari bahan katun dan cucilah mininal seminggu sekali dengan air hangat.

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>