Pengobatan Alergi

flu_ilustrasi_110126194243

Pengobatan alergi yang dilakukan untu mengatasi penyakit pilek karena alergi yang biasa penderita atau calon penderita akan menjauhkan diri dari bahan-bahan yang merangsang hidung tadi. Pengalaman sejak kecil menyebabkan orang tersebut sudah dapat mengenal sifat penyebab terjadinya gejala pilek tersebut.  Jika belum juga mengetahui penyebab dari pilek tersebut dapat dilakukan pemeriksaan pada kulit untuk membantu anda dapat menentukan dengan penyebabnya. Pemeriksaan itu biasanya dilakukan sehingga penderitaan terasa agak sakit.

Namun hal ini adalah salah satu cara untuk mengetahui dan menemukan dengan tepat penyebab pilek tadi. Selanjutnya yang perlu mendapat pengobatan untuk menghilangkan atau mengurangi reaksi alergi tadi. Bila perlu diberikan obat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan terapi. Dengan demikian persiapan dapat dilakukan jauh sebelum musim hujan tiba. Dengan persiapan yang baik, penyakit pilek dapat dikurangi .

Demikian pula dengan obat anti alergi dapat berupa golongan kortikeksteroid atau non kortikeksteroid. Golongan pertama mempunyai khasiat untuk menghilangkan radang dengan cara mencegah perluasan mediator. Karena obat ini merupakan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar suprarenalis atau adrenal, maka pemakaiannya terutama jika diobati dalam jangka waktu lama, akan menimbulkan tekanan terhadap kelenjar suprarenalis itu sendiri dan kelenjar hipofise atau pitutaria dengan segala akibatnya, seperti menurunnya daya tahan tubuh terhadap infeksi, gangguan keseimbangan elektrolit, penimbunan lemak dalam sebagainya.

Obat anti alergi dari golongan non kortikosteroid misalnya arvin, CTM, antistin, dan sebagainya yang mempunyai khasiat untuk mengurangi adanya peradangan yang terjadi terutama karena penyakit alergi dengan cara berkompetisi dengan mediator terhadap reseptor histamin. Efek samping yang ditimbulkan dari obat ini adalah penderita yang mengkonsumsinya akan merasa ngantuk, pusing, penglihatan kabur dan sebagainya.

Selain itu adapula pengobatan alergi yang dapat dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan kembali dari alergi, yakni :

  1. Gunakan alat penghilang kelembaban, karena dengan beberapa jamur sangat menyukai rumah yang lembab. Jaga kelembaban rumah anda agar tetap di bawah 50%. Jamur adalah salah satu faktor yang dapat memicu terjadinya penyakit alergi pada anggota keluarga anda.
  2. Mencuci semua jenis-jenis kain yang sering anda gunakan sehari-hari, seperti kain sprei yang harus anda cuci seminggu sekali dengan air hangat yang akan lebih efektif dan lebih murah daripada membeli alat penyaring udara.
  3. Disamping itu, penderita alergi ini juga harus membersihkan lingkungan sekitar rumah dari daun dan bekas potongan rumput adalah tempat yang dapat ditumbuhi jamur dan akan berlipat ganda bila basah terkena hujan.
  4. Konsultasikan penyakit alergi anda dengan dokter spesialis. Alergi yang muncul secara musiman memerlukan perawatan yang juga berbeda-beda. Dengan demikian amatlah penting melakukan anjuran yang sudah disebutkan di atas dan selalu berkonsultasi dengan ahli medis bila perlu.

Alergi yang anda derita memang tidak bisa disembuhkan. Namun, resiko dari tejadinya gejala alergi tersebut dapat anda kurangi hingga mencapai 95%. Terkecuali jika alergi yang anda hadapi adalah alergi obat yang memang tidak ada penyembuhnya. Secara umum pengobatan alergi adalah untuk menghindari alergen dari pemicu reaksi alergi. Untuk anda yang menderita asma, ada baiknya anda untuk sering-sering berlibur ke pantai karena udara yang kering akan membantu anda untuk bernafas. Jika anda alergi terhadap bulu hewan pengobatan alergi yang paling teoat adalah dengan tidak memelihara hewan tersebut.

Berikut adalah beberapa jenis obat yang dapat anda gunakan untuk meringankan gejala alergi dan untuk pengobatan alergi yang sedang anda derita. Dokter yang merawat anda biasanya akan mengkombinasikan penanganan melalui farmakoterapi atau yang sering kita dengar dengan pengobatan alergi dengan obat-obatan.

Obat antialergi yang dapat digunakan seperti:

  • Obat antihistamin yang berfungsi untuk mengurangi reaksi alergi dengan memblokir efek dari histamin yang dikeluarkan dari sel-sel yang meradang.
  • Penghilang gejala obat alergi yang diminum setelah alergi muncul pada diri anda.
  • Leukotriene receptor antagonist yang termasuk dalam pengobatan alergi untuk menghambat reseptor tembat leukotriene atau zat kimia yang menjadi penyebab radang yang menempel sebelum menyebabkan radang agar mencegah reaksi kebal.
  • Antiperadangan adalah obat yang digunakan untuk mengurangi tingkat radang dengan mencegah pelepasan zat kimia, termasuk histamin.

Cara untuk mencegah adanya penyakit alergi pada diri anda adalah:

  •  Gunakan masker untuk anda yang memiliki alergi terhadap debu atau serbuk bunga.
  • Selalu jaga kebersihan lingkungan tempat tinggal anda, rumah dan kantor tempat anda bekerja.
  • Perkuat sistem imun anda dengan cara banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi seperti buah dan sayur.
  • Apabila alergi yang anda alami disebabkan karena bawaan atau keturunan biasanya dapat dicegah.
  • Untuk anda yang mengalami alergi karena penyebab yang umum seperti debu atau makanan, anda dapat mencegahnya dengan menjauhi atau menghindari penyebab alergi tersebut.

Gejala alergi yang timbul di beberapa bagian tubuh yang sering dipengaruhi oleh alergi yang ada:

  • Gejala alergi pada Sistem pencernaan seperti nyeri perut, diare, kembung, dll.
  • Gejala alergi pada kulit seperti kulit gatal, kulit merah dengan bintik-bintik, kulit menebal, kulit menjadi kebiruan, kulit yang membengkak, dll.
  • Gejala alergi pada mata seperti mata gatal, mata merah, mata berair, dll.
  • Gejala alergi pada sistem encernaan seperti batuk, pilek, hidung tersumbat, dll.

=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Alergi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>