Pencegahan Alergi

Salah satu tips untuk pencegahan alergi adalah dengan mengenali dan menghindari faktor penyebab dan faktor pencetusnya.

Misalnya tidak mengonsumsi makanan yang dapat menimbulkan alergi. Berdasarkan sifatnya, alergen dibedakan menjadi alergen kontak-tan yaitu logam dan zat kimia, alergen obat dan suntikan, sengatan serangga, alergen hirupan yaitu tungau debu rumah, kecoa, bulu anjing, bulu kucing, spora jamur, tepung sari bunga, dan alergen ingestan atau makanan.
tungau debu rumah banyak terdapat di kamar tidur, karpet, kasur dan selimut. Bersihkan semua barang di dalam rumah untuk pencegahan alergi.

Oleh karena itu, lakukan kontrol dan waspada secara teratur munculnya gejala alergi.
Lakukan imunoterapi untuk meningkatkan kekebalan terhadap alergen. Namun tidak semua, penderita alergi mendapat manfaat dari imunoterapi tersebut, karena itu lakukan konsultasi dan pemeriksaan awal yang seksama terlebih dulu sebelum dokter memberikan imunoterapi.

Kebanyakan alergen makanan adalah protein, tetapi tidak semua protein adalah alergen. Alergen makanan yang paling sering menyebabkan reaksi alergi adalah protein yang terkandung dalam susu sapi, telur, gandum, kedelai, ikan, kerang, dan kacang-kacangan. Berbeda dengan alergi obat atau antibiotika tertentu, alergi terhadap makanan tidak bersifat abadi, sehingga akan hilang dengan sendirinya sejalan dengan bertambahnya usia.

Alergi yang anda derita dapat di cegah dan dihalangi untuk memasuki tubuh anda dan menimbulkan alergi pada diri anda.

Tips untuk pencegahan alergi dan menghindari alergen seperti:

  • Selalu menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan sekitar.
  • Pindahkan semua barang yang kemungkinan menjadi sarang debu seperti pernak-pernik, buku, hiasan dinding, dan sebagainya.
  • Apabila anda termasuk seorang yang alergi terhadap bulu binatang, ada baiknya anda tidak membiarkan binatang berbulu tersebut masuk ke dalam rumah atau ruangan anda.
  • Hindari pengginaan kain atau pakaian yang berbahan woll atau bahan dari bulu.
  • Pencegahan alergi dengan menghindari tanaman dan awuarium yang menyebabkan spora atau jamur.
  • Selalu menggunakan masker jika akan melakukan sesuatu hal di luar rumah seperti memotong rumput, membersihkan halaman dan menyapu. Sebab masker dapat menahan partikel yang akan memjadi pemicu alergi dalam diri anda.
  • Menjaga udara yang ada di dalam ruangan agar terbebas dari pemicu alergi yang dapat membantu untuk pencegahan alergi. Tanpa anda sadari instalasi filter udara khusus di dalam AC dapat membantu anda untuk menghilangkan partikel penyebab alergi yang ada di dalam rumah anda yang sengaja digunakan untuk pencegahan alergi.
  • Setiap anda selesai bepergian dan kembali ke dalam rumah, anda pasti membawa serta partikel dari luar. Setelah anda berada di alam terbuka, maka semua yang anda kenakan seperti pakaian, sepatu, rambut, dan kulit anda akan ditutupi dengan partikel kecil yang berasal dari tempat-tempat diluar sana yang sudah anda kunjungi sebelum anda kembali kerumah. Denhan mandi dan mengganti semua pakaian anda maka anda telah melakukan pencegahan alergi.
  • Anda harus selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar anda.

makanan yang mengandung vitamin D yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Untuk gigi anda yang kuat, meningkatkan kekebalan tubuh, dan pencegah alergi. Sumber vitamin D yang paling sering dikenal berasal dari sinar matahari. Namun sekarang jarang yang bersahabat dengan matahari. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D yang ada dalam tubuh anda selain berasal dari sinar matahari anda juga dapat mendapatkannya dari makanan.

Makanan yang memiliki kandungan vitamin D seperti:

  • Ikan salmon dan tuna yang menjadi sumber vitamin D yang sangat besar. Asupan harian ikan salmon sangat bagus dalam memenuhi kebutuhan vitamin D harian anda.
  • Telur yang dianjurkan untuk anda cukup dua butir per harinya. Karena selain telur mengandung banyak vitamin D, Telur juga mengandung sejumlah mineral yang sangan penting dan protein yang sangat dibutuhkan tubuh kita.
  • Keju yang memiliki kandungan yang sama dengan susu yang juga mengandung vitamin D. Ada beberapa jenis keju yang paling banyak memiliki kandungan vitamin D seperti keju ricotta.
  • Jamur yang mengandung banyak vitamin D yang secara ajaib mampu mentimpan vitamin D dari sinar matahari yang menyinarinya.

Penyebab dari reaksi alergi

Sistem kekebalan tubuh yang melibatkan sel darah putih akan menghasilkan antibodi. Setelah tubuh anda terkena antigen, maka serangkaian kompleks reaksi aka dimulai. Tugas antibody untuk mengatasi mendeteksi dan membantu anda untuk menghancurkan zat yang menyebabkan penyakit. Antibodi ini dapat meningkatkan produksi dan pelepasan bahan kimia da hormon yang disebut meditor. Meditor memiliki efek terhadap jaringan lokal dan organ di samping untuk  mengaktifkan pembela sel darah lebih putih. Hal ini adalah efek yang ditimbulkan dari adanya gejala gejala alergi tersebut. Histamin adalah salah satu yang paling dikenal dengan mediator alergi yang diproduksi oleh tubuh kita.

Waktu reaksi terhadap alergen dapat sangat berfariasi. beberapa orang akan memiliki alergen yang segera untuk orang lain itu akan membutuhkan waktu yang panjang. Bayi juga memiliki penyakit alergi terhadap makanan dan ada labih dari 160 makanan dapat menyebabkan alergi. Makanan tersebut termasuk pada kacang, telur, keju dan kedelai. Vaksin dan obat-obatan, anestesi umum dan anestesi lokal, karet lateks, juga dapat menyebabkan adanya alergi.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Alergi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>