Pencegahan Alergi Debu

Pencegahan alergi debu yang anda alami dapat dilakukan mulai dari lingkungan sekitar kita. Alergi adalah kegagalan yang terjadi pada kekebalan tubuh dimana tubuh kita menjadi sangat sensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik.Bagi seseorang yang alergi pada obat tertentu, tentu saja harus menghindari golongan obat yang dapat menimbulkan alergi.

Dokter yang merawat harus menanyakan secara teliti kemungkinan obat yang akan diberikan, dan bagi pasien sebaiknya juga harus memeiliki catatan semua obat yang dicurigai sebagai penyebab alergi.Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kembali alergi akibat mengonsumsi obat.

Obat-obat yang digolongkan sebagai pencetus alergi antara lain antibiotika, seperti penisilin yaitu zat kimia yang dalam kadar rendah memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan dan menghancurkan bakteri atau miroorganisme, obat anti nyeri, dan penurunan panas seperti parasetamol dan asam mefenamat, obat anti kejang seperti fenitoin dan karbamazepin, vitamin, dan jamu.

Gejala yang ditimbulkan dari alergi debu ini adalah alergi yang menyerang hidung, kulit dan mata. Gejala yang dialami seperti:

  • Hidung tersumbat, pilek, dan bersin-bersin.
  • Iritasi, kemerahan, gatal, bengkak, melepuh, dll.
  • Mata merah, gatal, bengkak, atau berair, dan atau pembengkakan yang terjadi pada bagian sekitar wajah dan mata anda.

Bagi penderita alergi karena debu, sebaiknya melakukan pencegahan alergi debu dengan cara menjaga kebersihan dan merapikan semua benda yang ada di ruangan. Kurangi kontak dengan benda yang berdebu, atau binatang berbulu. Bersihkan lantai serta benda-benda yang ada didalam ruangan, seperti buku, kaset, barang elektronik, dan semua benda yang tersimpan didalam laci.

Tungau debu hidup menempel diperalatan rumah yang hangat, seperti pada karpet dan perlengkapan yang lembut. Lantai karpet tidak baik bagi mereka yang menderita alergi. Untuk mengurangi tungau, cucilah perlengkapan yidur seacara teratur dan tutuplah matras dengan seprai.

Bagi mereka yang terbukti alergi, memiliki piaraan hewan berbulu seperti kucing, anjing, dan burung mungkin kondisinya akan lebih buruk dibandingkan dengan alergi karena debu. Partikel yang dikeluarkan dari kulit binatang sangat kecil untuk dilihat, tetapi berkumpul pada peralatan rumah tangga, pakaian, lantai dan semua benda yang ada di ruangan.Udara yang bersih dapat membantu mengontrol alergi. Penyaring udara elektrostatik sangat efektif untuk menghilangkan debu, serbuk, serta penyebab alergi lain yang berterbangan di udara.

Menghindari asap rokok bagi penderita alergi sangat dianjurkan, kalau perlu ruangan dirumah dan dikantor harus dalam kondisi bebas asap rokok. Untuk tidur, gunakan selimut katun dan kasur busa. jok sofa sebaiknya berbahan kulit atau kain anti debu, jangan ukiran atau bahan yang memiliki banyak lipatan. Bersihkan deb dengan menggunakan lap basah atau penyedot debu. Kenakan masker ketika sedang membersihkan rumah.

Beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk pencegahan alergi debu:

– Debu yang masuk ke hidung anda akan mengakibatkan anda menjadi bersin-bersin. Dengan anda menghirup uap panas adalah salah satu cara pencegahan alergi debu yang paling sederhana untuk mengurangi ketidaknyamanan yang anda rasakan ketika hidung anda tersumbat. Uap panas juga dapat membantu anda untuk meringankan pernafasan anda ketika anda sedang mengalami alergi. Siapkan wadah mangkuk yang berisi air panas dan kemudian arahkan kepala anda ke atas mangkuk tersebut dengan handuk di atas kepala untuk anda menjaga uap panas agar tidak keluar. Atau dapat juga anda lakukan dengan duduk di kamar mandi dengan pancuran air panas menyala. Anda dapat gunakan uap panas beberapa kali sehari untuk meringankan gejala alergi yang menyerang hidung anda.

– Menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat. Dengan mengkonsumsi makan makanan yang memiliki gizi yang tinggi seperti sayuran segar, buah-buahan, dan kacang. Khususnya ketika anda mengkonsumsi anggur, jeruk, tonat dan apel adalah termasuk dalam cara pencegahan alergi debu pada hidung anda. Ada baiknya anda selalu menambahkan satu jenis buah segar dalam setiap menu makanan yang anda konsimsi sehari-hari.

– Mengkonsumsi banyak vitamin D berfungsi sebagai pencegahan alergi debu. Kekurangan vitamin D akan dapat menyebabkan gejala alergi pada tubuh anda atau alergi anda akan menjadi semakin buruk dari sebelumnya. Untuk itu anda harus mempertahankan asupan vitamin D dalam tubuh anda. Berikut beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan yang kaya akan vitamin D seperti:

  • Ikan salmon dan tuna yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan Vitamin D yang diperlukan oleh tubuh anda.
  • Konsumsi susu yang sesuai dengan selera anda atau dapat juga susu krim dan atau dapat juga anda mengkonsumsi susu dalam bentuk keju.
  • Konsumsi telur yang mengandung banyak vitamin D dan jga memiliki kandungan pineral dan protein yang dibutuhkan untuk tubuh anda.
  • Konsumsi udang yang mengandung 129 IU tiap 85 gramnya dan mampu memenuhi 32% kebutuhan harian anda.

Menggunakan masker untuk pencegahan alergi debu yang masuk pada saluran pernafasan anda ketika anda tidak mampu untuk menghindari pemicu alergi tertentu seperti ketika anda sedang memotong rumput, menyapu, atau juga ketika anda sedang membersihkan halaman rumah. Masker yang anda pakai dapat memblokir kurang lebih 95% partikel kecil seperti serbuk sari dan pastikel lainnya yang dapat menjadi pemicu alergi lainnya.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Alergi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *