Pencegahan Alergi

Pencegahan alergi dapat anda lakukan sebelum penyakit alergi tersebut menyerang anda. Setiap orang yang terserang alergi akan mengetahui dan dapat mengenali alergi tersebut jika menimbulkan reaksi yang mendadak cepat dan oarah karena pencerita alegi mengalami ruam yang serius setiap kali berkontak langsung dengan apa yang penjadi penyebab alergi yang dia alami. Reaksi alergi tentu merupakan manifestasi pada seseorang secara menyeluruh. Alergi dapat terjadi pada semua usia baik pada mereka yang mempunyai bakat alergi maupun yang tidak atau nonalergi. Alergi yang paling sering terjadi adalah pada anak-anak. Penyebab dari alergi yang sering dialami oleh anak-anak seperti alergi terhadap sepung sari, debu di dalam rumah, bulu hewan, air liur hewan, dan makanan.

Pencegahan Alergi

Pencegahan Alergi

Dibawah ini adalah beberapa tips untuk melakukan pencegahan alergi secara alami :

  1. Bersihkan secara teratur rumah anda dan zat-zat alergen atau yang menyebabkan alergi. Hindari kelembaban dan biarkan udara segar keluar masuk dengan bebas. Pel lantai rumah, gunakan AC, vacuum cleaner, atau pemanas ruangan untuk membersihkan debu, jamur, tungau, bakteri, dan serbuk sari yang mungkin menempel pada peralatan di dalam rumah anda. Bila perlu jangan menggunakan karpet. Gunakan cuka atau disinfektan. Cegah hewan peliharaan masuk kamar tidur anda atau anak anda dan pastikan peliharaan anda tidak naik ke tas kasur atau sofa.
  2. Pencegahan alergi dengan mnegurangi histamin dengan minum teh. Histamin dapat meningkatkan resiko alergi karena perannya dalam peradangan pembuluh darah yang dapat menjadi salah satu pemicu adanya reaksi alergi pada tubuh. Teh hijau dan teh chamomile mengandung zat antihistamin alami dan mampu untuk menyeimbangkan sistem imun tubuh.
  3. Konsumsi bromelain, adalah semacam enzim yang mampu meredakan proses peradangan, mengatur respon imun yang berlebihan, dan meredakan alergi. Terdapat pada buah-buahan seperti pepaya, nanas dan kiwi. Konsumsilah saat menderita alergi atau cobalah cari suplemen bromelain.
  4. Bersihkan saluran pernapasan (hidung) setiap hari. Kebiasaan sehat ini akan menghindarkan dari kotoran termasuk alergen yang terhirup.
  5. Minumlah 1 sendok madu asli, alami, belum di proses, dan belum disaring untuk membantu meredakan alergi setiap hari. Atau konsumsulah suplemen sari madu (bee pollen)
  6. Konsumsi supelemen tanaman obat dari ekstrak adaun tanaman stinging nettle yang sudah digunakan diseluruh dunia untuk mengobati peradangan dan meredakan alergi serta untuk pencegahan alergi. Zat aktifnya mampu menangkal kerja sel-sel imun penyebab peradangan. Jenis tanaman anti-alergi lainnya adalah bunga Magnolia, Xianthum, mint, dadelion, Chinese basil, siler root, dan schizandra. Pilihlah dalam bentuk ramuan teh atau berobat tradisional Cina berlabel (Allergy Tamer)yang mampu menyeimbangkan sistem imun dan meredakan gejala-gejala alergi.
  7. Lakukan pemijatan acupressure sedang dengan jar telunjuk pada masing-masing sisi hidung (sisi hidung yang bertemu pipi) untuk meringankan alergi sinus. Tahan 3 menit dan tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan.
  8. Prinsip pencegahan alergi yang paling mudah dengan menghindari zat-zat alergen yang merangsang berlebihan (overstimulate) sistem imun, termasuk juga makanan. Diantaranya hindari cokelat, seafood (termasuk udang dan kerang), kentang, tomat, dan terong. Hindari juga makanan berselaput loendir dan busah seperti berbagai produk dari susu, makanan mentah dan dingin, jagung (termasuk sirup jagung), dan gula sederhana (gandung dengan pemutih, pasta putih, oregano, cabe, kunir, kunyit, atau lobak. Jangan lupa cuci bersih sayur mayur dengan air mengalir untuk membuang residu pestisida dan zat kimia. Pilihlah sayur mayur organik. Konsumsilah pepaya, pear, nanas, ceri, mangga, jeruk, dan cranberry. Minumlah cukup air setiap karena penting untuk menguras limpa.

Gejala yang ditimbulkan akan tergantung pada fungsi organ tersebut yaitu dapat terangsang atau tertekan. Anda dapat melakukan pencegahan alergi dengan menjauhi sumber alergen. Suatu alergi yang menyerang mata anda akan menyebabkan mata anda merah dan gatal. Dan jika alergi tersebut menyerang hidung anda maka akan menyebabkan hidung anda menjadi pilek atau bersin-bersin. Bila menyerang paru-paru akan menyebabkan batuk atau asma. Jika menyerang saluran pencernaan akan menyebabkan sakit perut, kembung, diare atau muntah-muntah. Jika alergi yang anda alami menyerang persendian maka akan menyebabkan nyeri dan kaku. Jika menyerang kepala dapat menimbulkan sakit kepala. Dan jika alergi tersebut menyerang kulit maka akan menimbulkan eksim, bentol-bentol/gatal-gatal, dan sebagainya.

Cara tradisional yang dapat anda lakukan untuk mengatasi alergi jika suatu saat pencegahan alergi yang anda lakukan ternyata tidak membuahkan hasil dan anda masih dapat terkena alergi, maka anda dapat mengatasinya dengan:

  • Meminum air jahe yang dibuat dengan bahan 15 gram jahe, 30 cc cuka beras putih/rice venegar, gula merah secukupnya, dan air 400 cc. Cara pembuatannya anda cukup mencuci jahe yang sudah disiapkan. Rebus jahe dengan air dan tambahkan cuka beras putih dan gula merah sesuai dengan selera anda. Rebus hingga mendidih dan airnya tersisa 200 cc atau setengahnya. Saring airnya dan konsumsi secara teratur sehari sekali.
  • Dapat juga dengan menggunakan olesan daun sambiloto yang dibuat dengan menggunakan bahan daun sambiloto yang dicampurkan dnegan kunyit dan melerang. Haluskan semua bahan yang sudah disiapkan hingga lembut dan oleskan pada bagian kulit anda yang menderita alergi untuk pencegahan alergi supaya tidah bertambah banyak dan menyebar.

=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Alergi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *