Gejala Alergi

Alergi dapat menyerang mata, ditandai dengan mata gatal, merah, dan berair. Pada hidung disebut pilek alergi ditandai dengan bersin, hidung gatal dan tersumba, serta mengeluarkan ingus yang encer.
Keluhan bukan hanya pada hidung saja, tetapi juga pada kepala disertai rasa lelah. Keluhan bertambah berat dari hari kehari dan bisa memengaruhi keadaan fisik, emosi, hingga stres, dan mengganggu tidur.
Pada tenggorokan disebut batuk alergi, ditandai dengan batuk kronis yang tidak diketahui penyebabnya. Biasanya ini adalah kelanjutan dari pilek alergi.
Pada paru-paru disebut asma alergi, ditandai dengan sesak napan, napas berbunyi, terutama pada malam menjelang pagi. Pada kulit disebut kalogata atau biduran ditandai dengan rasa gatal dan bentol-bentol dengan berbagai ukuran, berwarna merah, dan terasa hangat.
Dapat juga sebagai eksim dan dermatitis kontak, akibat kontak dengan alergen atau faktor pencetus. Alergi pada saluran pencernaan , ditandai dengan perut kram disertai muntah dan diare, ini biasanya menyerang bayi. Gejala-gejala tersebut terkadang disertai dengan menurunnya tekanan rendah, pusing hingga pingsan .

Gejala alergi muncul kalau penderita sensitif terpapar oleh alergen (bahan pemicu reaksi alergi). Zat alergen tersebut dapat menimbulkan reaksi terhadap antibodi E. Saat alergi masuk kedalam tubuh, alergen tersebut langsung diikat oleh antibodi E yang menempel pada sel mast yang berfungsi memindahkan darah dari bawah ke bagian atas tubuh.

Karena bobotnya yang berat maka sel mast menjadi pecah. Akibatnya kulit menjadi gatal, batu, pilek, dan sesak napas.

Penyakit ini memang tidak bisa disembuhkan, tetapi kita bisa mengontrol pencetus alergi agar tidak sering muncul. Alergi sulit disembuhkan karena sifatnya yang sering kambuh, sehingga pengobatan harus dilakukan secara berulang.
Pengobatan dengan obat-obatan bisa saja dilakukan, tetapi mengontrol pencetusnya akan lebih baik. Apapun bentuk penyakit alergi, baik ringan (seperti gatal-gatal dan batuk) hingga reaksi anafilaksis (meningkatnya kerentanan terhadap alergen susulan) yang bisan mengancam jiwa, harus segera diobati.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Alergi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>