Alergi

Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap zat atau bahan tertentu pada sebagian besar orang normal tidak menimbulkan gejal. Rasanya hampir semua orang pernah mengalami gatal-gatal dan kulit kemerahan karena alergi. Bukan cuma gatal, alergi bisa berupa bersin, batuk, pilek, dan sesak napas.

Reaksi alergi memang banyak yang tidak terduga. Zat atau  bahan yang menimbulkan gejala alergi disebut alergen. Beberapa alergen diantaranya adalah makanan dan minuman, udang, kepiting, cumi-cumi, ikan, terasu, cokelat, susu, telur, nanas, partikel-partikel kecil diudara yang dihirup seperti debu, tungau, spora, jamur, serpihan kulit, atau bulu binatan, bahan kimia seperti obat-obatan dan kosmetik, perhiasan, dan lain-lain.
Asap rokok juga sangat mebahayakan penderita alergi.

 

Reaksi alergi pada seseorang lebih di sebabkan karena faktor keturunan. Bila ayah atau ibu atau keduanya menderita alergi, kemungkinan anaknya akan menderita alergi lebih besar.
Seseorang yang memilki riwayat alergi dalam keluarganya, besar kemungkinan mengidap bermacam alergi, seperti asma, pilek alergi, eksim, biduran atau kaligata.
Dan biasanya seseorang dengan keturunan alergi tersebut tidak dapat mengetahui bahan perangsang yang dapat menimbulkan gejala alergi baginya.
Sampai kemudian ia merasakan gejala alergi ketika kontak dengan zat alergen. Selain itu ada bahan atau keadaan laun yang dapat memperburuk reaksi alergi yang lebih dikenal dengan faktor resiko atau faktor pencetus, misalnya asap rokok, polusi, bau-bauan yang merangsang kelelahan yang berelbihan, stres, dan sebagainya.

Macam-Macam Alergi

Secara sederhana penyakit alergi yang anda derita dapat diartikan sebagai suatu reaksi dari sistem imun tubuh manusia terhadap benda yang pada umumnya tidak menimbulkan bahaya apa-apa bagi orang lain. Berikut ini adalah beberapa macam alergi yang seting kita temukan dari sekian banyak pasien yang mengalami alergi seperti:

  • Alergi pada hawa dingin, tubuh yang akan mengalami reaksi yang berlebihan terhadap udara dingin dalam beberapa kasus yang terjadi rasa dingin yang dialami tanpa disertai dengan perubahan fisik pada tubuh anda.
  • Alergi pada debu, sebagian dari kita yang menderita alergi pada debu akan sangat rentan terhadap debu yang namun dijumpai di rumah atau diluar rumah apalagi ketika bersin-bersin. Namun sebenarnya yang perlu diwaspadai adalah tungau yang merupakan penyebab utama adanya debu dalam rumah anda.
  • Alergi seafood, sejenis alergi yang paling sering diderita oleh orang-orang di sekitar kita seperti udang dan makanan laut lainnya yang dapat menyebabkan alergi pada tubuh anda akan menjadi semakin parah.
  • Alergi pada susu sapi, bagi kita yang tidak memiliki alergi sus sapi adalah salah satu jenis minuman yang sangat baik untuk kesehatan tubuh ita. Namun jika anda memiliki alergi susu sapi maka yang biasa terjadi pada anak-anak dan bayi.
  • Alergi pada obat-obatan, Alergi obat adalah salah satu alergi yang merupakan reaksi yang diberikan oleh tubuh anda secara berlebihan meskipun sebelumnya anda tidak pernah mengalami alergi.

Alergi lerupakan penyakit autonium adalah salah satu dari tiga kategori utama penyakit tersebut adalah autoimun, infeksi, dan kanker. Pada umumnya apabila anda merasakan gatal dan bengkak diseluruh tubuh dan bukan pada tempat tertentu sangat mungkin hal tersebut dapat dikarenakan dari tubuh anda mengalami alergi sesuatu. Sedangkan bila kondisi anda bengkak dan gatal yang terjadi hanya pada tempat tertentu dapat dimungkinkan anda terkena gigitan serangga.

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang menjadi pemicu alergi:

  • pemakaian produk kosmetik,
  • makanan,
  • penggunaaan shower gel/sabun mandi,
  • tidak rajin mandi,
  • panas matahari = sinar ultra violet,
  • handuk yang jarang dicuci,
  • alergi karena debu,

Penderita alergi kulit akan dapat mengalami gejala-gejala ruam kulit, kulit yang melepuh, kulit yang gatal-gatal, dan kulit yang bersisik.

Alergi kulit yang anda alami memiliki beberapa tipe yaitu:

  • Dermatitis. Ruam di kulit yang akan muncul ketika kulit anda menyentuh zat yang dapat memicu gatal. Gatal dan ruam yang biasanya terjadi pada tubuh anda biasanya muncul 30 menit setelah menyentuh objek. Kulit yang menyentuh pemicu alergi dapat mengalami peradangan, dan pada saat kulit mengalami peradangan ada baiknya anda jangan menggaruk kulit karena akan membuat peradangan menjadi semakin parah.
  • Gatal-gatal. Biasanya gatal muncul seperti bintik atau benjolan kecil yang berwakna kemerahan pada kulit anda dan terasa sangat gatal. Penyebab alergi gatal ini bisa dari makanan, obat, atau anda yang memang memiliki bakat alergi.
  • Eksim. Eksim paling sering menyerang anak-anak dari usia 2 hingga 5 tahun. Gejala yang ditimbulkan adalah adanya bercak kemerahan dan gatal sehingga menimbulkan perasaan yang tidak nyaman. Eksim adalah merupakan dermatitis tingkat lanjut dan biasanya dapat menyebabkan kulit yang melepuh dan luka pada kulit anda

Cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah alergi adalah dengan menggunakan pembersih udara elekris untuk membersihkan debu, jamur, atau polen yang berasal dari udara. Jangan terlalu sering mencuci wajah dan sebaiknya menggunakan air hangat dan bukan air dingin. Saat anda akan mengeringkan wajah, ada baiknya jangan menggosok terlalu keras dan berikan tepukan ringan pada handuk yang akan anda pakai untuk wajah anda. Ada baiknya jika anda menghindari penggunaan kafein yang berlebihan dan menghindari pijatan yang kuat dan scrub.

 

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Alergi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>