Alergi Obat

Alergi adalah gejala hipersensitivitas tubuh terhadap zat yang disebut alergen (zat yang memiliki daya alergi). Ada orang yang memiliki alergi secara umum, seperti alergi dingin, alergi debu, slergi tungau, alergi benang sari bunga, alergi bulu binatang. Beberapa orang juga memiliki alergi obat atau dikenal dengan alergi obat.

Mereka yang mengalami alergi obat akan muncul reaksi pada tubuhnya. Reaksi bisa bersifat lokal (ditempat tertentu saja misalnya kulit merah), bisa pula menyeluruh. reaksi tersebut merupakan reaksi hipersensitivitas  (reaksi yang berlebihan atas suatu zat).

Obat ini berperan sebagai benda asing dan tubuhnya menanggapinya dengan memberikan reaksi radang. Akibatnya benda (zat) yang seharusnya tidak berbahaya dianggap (sistem kekebalan tubuhnya) sebagai zat asing yang berbahaya (antigen) lalu mengeluarkan reaksi yang berlebihan berupa pengeluaran zat-zat kimia seperti histamin, bradikinin, dll.

Alergi terhadap obat terjadi pada individu yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang hipersensitif. Pada orang normal obat yang tidak dianggap sebagai benda asing sehingga tubuhnya tidak memberikan reaksi seperti halnya pada mereka yang alergi obat. Diperkirakan angka kejadian alergi obat berkisar antara 1-5% pasien.

Selain obat-obatan, makanan (terutama makanan laut) dan debu juga bisa menyebabkan alergi. Manifestasinya bisa bermacam-macam. Apabila alergi  itu mengenai saluran napas bisa terjadi asma. Bila mengenai mata bisa terjadi konjungtivis alergika dengan tanda dan gejala antara lain mata merah, berair, dan gatal. Bila mengenai hidung bisa menjadi rhinitis alergika dengan tanda dan gejala antara lain hidung meler dan gatal, bersin-bersin.

Seseorang dengan aleergi gatal obat tidak mutlak akan mengalami alergi terhadap benda atau zat lain, tetapi kemungkinan untuk mengalami alergi menjadi lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki riwayat alergi.

Alergi dipercaya dapat menurunkan tetapi dengan manifestasi yang tidak mutlak sama. Misalnya orangtuanya laergi yang bermasifestasi pada saluran napas (asma), maka mungkin saja anaknya alergi tetapi bermanifestasi pada kulit.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Alergi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>