Alergi Kulit Pada Anak-Anak

Alergi biasanya paling sering terjadi pada anak-anak yaitu alergi kulit pada anak-anak. Alergi adalah sebuah kegagalan yang terjadi pada tubuh anak anda dimana tubuh anak akan menjadi hipersensitif dalam bereaksi. Reaksi yang terjadi pada kulit anak anda ketika anak-anak terserang alergi adalah ditandai dengan gatal-gatal. Beberapa hal yang menyebabkan menjadi pemicu dari terjadinya alergi pada anak adalah akibat biang keringat, eksim popok, eksim susu yang biasanya akan menjadi sering muncul pada kulit anak.

alergi anak

Penyebab lain dari alergi kulit pada anak-anak adalah:

1. Telur.

Saat anak anda mengkonsumsi telur dan mengalami alergi ternyata itu adalah akibat dari protein yang ada di dalam telur tersebut yang menyebabkan kulit anak anda menjadi hipersensitif. Namun anak anda juga tetap memerlukan asupan protein supaya tidak mengganggu masa tumbuh kembang anak anda.

2. Kacang

Selai kacang adalah salah satu makanan yang mungkin menjadi favorit anak anda. Namun jika anak anda menderita alergi setelah mengkonsumsi makanan yang berbahan dari kacang tersebut sebaiknya hindarkan dari anak anda. Resiko ringan yang akan muncul pada anak anda seperti gatal-gatal namun jika sudah berat anak anda akan mengalami sesak nafas.

3. Susu

Pada sebagian dari anak-anak, mengkonsumsi susu dapat memicu tubuh si anak untuk mengeluarkan reaksi kekebalan tubuh yang tidak tepat terhadap protein di dalam susu yang akan berakibat adanya suatu alergi kulit pada anak-anak.

Alergi kulit yang terjadi pada anak-anak memang lebih sering dibandingkan orang dewasa. Hal ini disebabkan karena sel-sel yang terdapat pada anak-anak masih belum optimal dan sempurna dalam menjalankan fungsinya. Selain itu juga ketebalan dari laposan pada kulit anak-anak juga akan menjadi lebih tipis dibandingkan dengan orang dewasa. Lapisan yang tipis ini akan membuat kulit mereka menjadi lebih peka pada rangsangan partikel asing yang masuk ke dalam tubuh mereka, ikatan yang terjadi antarsel yang masih longga juga akan membuat kulit anak menjadi lebih rentan pada terjadinya infeksi, iritasi atau juga alergi.

Akibatnya adalah kulit anak-anak akan menjadi lebih sensitif pada rangsangan dan juga lebih cepat dan sering menimbulkan reaksi. Bakat alergi kulit pada anak-anak yang biasanya diturunkan dan juga dimiliki oleh seprang anak turut bisa mmeicu terjadinya kulit menjadi lebih sensitif lagi.

Alergi kulit pada anak-anak biasanya timbul dengan reaksi yang berbeda-beda dan juga semakin kecil usia anak maka akan semakin sensiitif kulit anak. Dan seiring dengan berjalannya wakt, biasanya semakin besar usia anak, maka kulitnya juga akan menjadi semakin kuat dan juga banyak anak yang sudah memasuki usia sekolah dengan reaksi alergi yang frekuensinya akan semakin berkurang dan bahkan bisa hilang dengan sendirinya.

Alergi kulit pada anak-anak biasanya bisa dikenali dengan cara adanya bentuk perubahan yang terjadi pada kulit. Perubahan yang terjadi ini akan terlihat jelas misalnya terjadi gatal-gatal yang bisa sangat mengganggu dan anak akan terus menggaruk bagian yang gatal tersebut.

Kemudian gejala alergi lainnya adalah bentol-bentol, memerah, dan juga semakin lama bentol dan kemerahan tersebut akan menjadi membesar dan melebar. Kadang bentol kemerahan tersebut akan menjadi berair karena sering digaruk dan bisa memicu terjadinya infeksi yang berkelanjutan danakan memperparah keadaan pada kulit anak.

Alergi kulit yang dialami pada anak-anak dapat diatasi, namun anak anda tidak dapat mengatasinya sendiri melainkan membutuhkan bantuan dari anda sebagai otang tuanya.

Cara yang anda perlukan untuk mengatasi alergi kulit pada anak-anak antara lain dengan:

1. Menghindarkan alergen

Alergen adalah sesuatu hal yang dapat menjadi penyebab anak anda mengalami alergi. Untuk itu anda harus berusaha menghindakan alergen tersebut dari anak anda. Contoh kecilnye ketika anak anda alergi dengan makanan yang dia konsumsi seperti telur yang mengantung protein yang baik untuk pertumbuhannya. Anda tidak perlu memberinya telur namun anda dapat mengganti asupan telur dengan bahan makanan lainnya yang memiliki kandungan yang sama dengan telur untuk membantu pertumbuhannya.

2. Pola makan yang sehat

Selalu menerapkan pola makan yang baik pada anak dan memberi anak-anak makanan yang sehat seperti buah-buahan, sayuran segar, khususnya buah anggur, jeruk, apel, dan tomat yang memiliki potensi alergi yang lebih sedikit. Sebagai langkah awal yang anda ambil, anda dapat menambahkan 1 jenis buah segar pada setiap kali anak anda makan.

3. Meningkatkan konsumsi vitamin D

Kekurangan vitamin D pada anak akan membuat alergi pada anak anda akan semakin memburuk. Oleh karena itu anda harus meningkatkan vitamin D dalam tubuh anak anda untuk menghindari alergi kulit pada anak-anak. Sumber vitamin D yang paling tepat untuk anak anda adalah dengan memberinya minyak ikan dan lemak ikan, seperti ikan tuna dan ikan salmon. Namun jika anak anda memiliki alergi pada ikan anda dapat memberinya jus geruk yang mengandung 100 iu vitamin D atau 25% kebituhan harian anda anda.

Jika anak anda mengalami alergi kulit pada anak-anak anda harus selalu mengawasinya untuk tidak menggaruk bagian kulit yang gatal dan lakukan pengompresan pada bagian yang gatal dengan air dingin. Berikan juga obat antihistamin dengan syarat anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda.

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Alergi and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *